Senin, 25 April 2011

ALAT TANAM SEBA GUNA ( PANSER )




PANSER 

(Penanam Serba Guna )

Oleh
SRIYONO
THL TB PP
BPP KEC. JATINOM KAB. KLATEN

Pendahuluan.
Pembangunan pertanian Era Revormasi dituntut bisa memenuhi kebutuhan pangan secara Nasional, dari berbagai lini telah digalakkan namun alhasil belum bisa memuaskan seperti apa yang diharapkan, semua itu tergantung dari erangkat keras maupun perangkat lunak yang disediakan oleh pemerintah dan respon atau tanggapan dari para pemangku kebijakan dan petani. Disisilain berbagai kendala selalu muncul, mulai dari ketersediaan Saprodi, serangan hama dan penyakit serta ketersediaan tenaga kerja disektor pertanian yang semakin langka menjadi kendala utama untuk suksesnya pembangunagn pertanian.
Kebutuhan tenaga kerja pada bidang pertanian ini adalah merupakan kebutuhan musiman, pada saat panen dan pengolahan tanah membutuhkan tenaga kerja yang banyak, namun diantara fase ersebut kebutuhan tenaga kerja biasanya sudah dapat dicukupi oleh para petani, Apalagi dijaman sekarang ini para generasi muda pada umumnya enggan terjung disektor pertanian, karena disektorini dianggap tidak mempunyai masa depan yang cerah, sehingga anak muda lebih senang Urbanisasi ke kota untuk mencari pekerjaan yang lebih meyakinkan masa depannya.
Untuk mengatasi haltersebut diatas kami membuat teknologi tepat guna yang kami beri nama PANSER ( penanam Serba Guna ), sesuai dengan namanya alat ini bisa untuk menanam Jagung, Kacang tanah, Padi, dan Kedelai dilahan kering.

Proto tipe panser:







Keunggulan PANSER:
1.      Penser merupakan alat tanam multi guna yaitu bisa untuk menanam jaguung, kacang tanah, padi, kedelai (kususnya pada lahan kering )
2.      Panser bisa dioperasikan pada lahan dengan pengolahan sempurna maupun tanpa olah tanah (TOT)
3.      Panser dapat dioperasikan secara manual maupun dengan bantuan mesin penggerak.
4.      Panser bisa menekan biaya tanam hingga ± 60 %.
5.      Masa pakai panser akan lebih lama karena bahan utama terbuat dari logam/besi.

Informasi lebih lengkap hubungi SRIYONO THL TB PP BPP Kec. Jatinom Kab. Klaten
Kontak person (HP) 085647168022.


















2 komentar:

  1. To : Bpk. SRIYONO THL
    Mohon info spesifikasi alat PANSER dan info harga.

    Salam
    Johari

    BalasHapus
  2. Mohon info harganya pak... terima kasih...

    BalasHapus